TIPS MEMILIH JASA DESAIN GRAFIS PROFESIONAL

cara tips memilih carjasa desain grafis profesional

Peran desainer grafis dalam dunia pemasaran tak bisa disepelekan. Dari tangan-tangan terampil seorang desainer grafislah tercipta karya-karya desain yang memiliki nilai jual. Melalui desain yang bagus pada materi-materi promosi, orang jadi terpikat dan tertarik untuk melakukan tindakan. Meskipun banyak faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian, peran desain dalam media promosi sangatlah penting.

Mengingat pentingnya peran desain grafis dalam menunjang pemasaran, para pebisnis atau pemilik usaha mencari tenaga khusus desain grafis untuk bekerjasama. Masing-masing perusahaan memiliki pilihannya masing-masing. Ada perusahaan yang merekrut staff desain grafis secara full time atau part time dan ada pula yang memakai jasa desain grafis dari eksternal atau outsourcing.

Desain studio, creative agency, branding agency, advertising agency atau desainer grafis individu yang menawarkan jasa desain grafis profesional sangat mudah ditemukan. Ketika kamu mencari jasa desain grafis di search engine, akan tampil banyak desain studio atau penyedia jasa desain grafis yang menawarkan layanan dengan harga yang bervariasi. Mereka menawarkan layanan desain grafis seperti jasa desain logo, bikin desain undangan, pesan desain brosur, jasa desain website, jasa desain ilustrasi, jasa desain majalah, jasa desain iklan, dan lain-lain.

Bagaimana mencari jasa desain grafis yang bagus? Yang banyak digunakan untuk mencari jasa desain grafis bisa ditemukan di situs crowd sourcing yang mengumpulkan banyak tenaga freelance dari berbagai latar belakang. Melihat banyaknya penyedia layanan jasa desain grafis profesional, kamu harus selektif dalam memilih desain studio atau desainer grafis yang benar-benar berkualitas. Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan yaitu kemudahan dalam pelayanan dan komunikasi terutama jika diperlukan revisi dan sebagainya.

Memilih jasa desain grafis profesional tidak bisa sembarangan dan memerlukan cara tersendiri agar mendapatkan layanan yang diharapkan. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih layanan desain grafis yaitu mengetahui profil dan reputasi penyedia jasa, menilai portfolio, memahami cakupan kerja mereka serta menyesuaikan anggaran dengan harga jasa desain yang mereka tawarkan.

Cara-cara Memilih Jasa Desain Grafis Profesional

Kenali profil desain studio/desainer grafis

Mengenali profil desain studio atau desainer grafis merupakan langkah awal dalam memilih jasa desain grafis. Profil mereka dapat ditemukan di situs yang mereka tampilkan pada website atau akun sosial media. Perhatikan pula apakah mereka bekerja secara tim atau individu. Tidak jadi soal apakah kamu memilih creative agency atau desainer grafis individu. Yang jelas, mereka dipilih karena memang ada kecocokan untuk diajak kerjasama.

Beri nilai pada portfolio yang pernah dikerjakan

Yang menentukan kualitas desainer grafis adalah hasil karya/portfolio. Kualitas karya merupakan tolak ukur sampai sejauh mana keterampilan yang dimiliki desainer grafis. Keputusan untuk menggunakan jasa seorang desainer grafis bisa bermula dari kesan pertama kamu ketika melihat portfolio. Memberi nilai pada portfolio desainer grafis pun tidak bisa asal dan memerlukan wawasan yang memadai tentang aspek estetika.

Desain yang bagus itu seperti apa? Pertanyaan tersebut sulit dijawab karena penilaian terhadap suatu karya sifatnya sangat subjektif. Apalagi jika penilaian tersebut dikaitkan dengan selera seseorang. Oleh karena itu, jika belum bisa memutuskan, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan orang yang lebih memahami tentang seni desain.

Ketahui klien yang pernah bekerjasama

Studio desain atau desainer grafis yang menyediakan layanan desain pasti menampilkan beragam hasil karya yang pernah mereka kerjakan. Nah, dari situ kamu bisa mengetahui klien mana saja yang pernah bekerjasama dengan mereka. Jika mereka pernah bekerjasama dengan perusahaan atau brand yang kamu kenal, tentunya mereka memiliki nilai lebih tersendiri.

Ketahui reputasi studio desain/desainer grafis

Reputasi creative agency atau desainer grafis bisa dilihat dari prestasi yang pernah diraihnya. Misalnya dengan mencari tahu apakah mereka pernah memperoleh penghargaan yang diikuti pada ajang festival periklanan. Klien-klien yang pernah bekerjasama dengan studio/desainer grafis juga sangat mempengaruhi reputasi mereka.

Ketahui cakupan kerja/keahlian studio desain/desainer grafis

Desainer grafis biasanya memiliki keterampilan khusus yang benar-benar dikuasai olehnya. Misalnya, ada desainer grafis yang biasa membuat layout surat kabar belum tentu ia mahir dalam mendesain logo atau merancang ilustrasi poster. Meski ada juga desainer grafis yang mencoba mengerjakan semuanya.

Beda halnya dengan studio desain atau creative agency yang memiliki beberapa desainer grafis dengan berbagai macam keahliannya masing-masing. Untuk itu kamu harus mengetahui keahlian atau cakupan kerja studio desain atau desainer grafis sangat diperlukan agar hasil desain yang dicapai bisa maksimal.

Pahami alur kerja yang diterapkan

Alur kerja studio desain atau desainer grafis dalam melakukan pekerjaannya perlu kamu pahami agar tidak kerepotan dalam mengontrol kinerja mereka. kamu perlu menentukan tenggat waktu pekerjaan pada mereka. Dan pastikan juga bahwa mereka bisa memenuhi deadline yang ditentukan supaya pekerjaan tidak molor dan selesai pada waktunya. Ketahui juga apakah mereka menerapkan fee setiap kali ada revisi atau alternatif desain pada proyek yang dikerjakan.

Sesuaikan budget yang ada

Berapa harga atau biaya jasa desain grafis profesional? Pada akhirnya, ketersediaan budget menjadi sangat signifikan ketika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa desain grafis. Desainer grafis profesional atau creative agency yang biasa menghadapi klien-klien besar biasanya mematok harga yang tinggi. Tentu mereka punya argumentasi sendiri dengan harga yang selangit tersebut. Lain halnya dengan desainer grafis yang kliennya sebagian besar usaha kecil perorangan atau UMKM, tentu lebih mudah untuk diajak bernegosiasi. Bahkan ada di antara mereka yang rela membanting harga demi mendapatkan pekerjaan desain meskipun kualitasnya dipertanyakan.

Penyedia layanan jasa desain grafis memang banyak di mana-mana. Meski demikian, tidak semuanya memiliki kualitas karya yang diharapkan. Untuk itu, pastikan kamu benar-benar memilih jasa desain grafis profesional untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pelaksanaan proyek desain. Sudah seharusnya jika ada kerjasama yang baik antara pengguna jasa desain grafis dengan sang desainer grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *