PENGERTIAN PIXEL, RESOLUSI DAN INTENSITAS DALAM DESAIN GRAFIS

Dalam era modern saat ini tentu bagi kita sangat tidak asing mendengar kata desain grafis. Apa itu pengertian pixel, resolusi dan intensitas dalam desain grafis? Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual dengan menggunakan gambar dalam menyampaikan sebuah informasi atau sebuah pesan. Hal ini digunakan agar informasi atau pesan disampaikan secara efektif.

Dalam sebuah desain untuk seorang desainer grafis sangat perlu mengetahui beberapa hal sebelum ia menjadi seorang desain grafis profesional dan terkenal. Hal pertama yang harus diketahui oleh para desain grafis yaitu pengertian pixel, resolusi dan intensitas. Ketiga poin tersebut mampu membuat kamu memahami lebih akan desain grafis kedepannya.

Pengertian Pixel Resolusi Dan Intensitas Dalam Desain Grafis MakinTahu.com_

Pengertian Pixel

Sebenarnya dalam sebuah gambar yang ada pada layar hp kita atau layar laptop itu merupakan sebuah kumpulan dari ribuan titik-titik atau yang disebut juga dengan dotted. Dan pada setiap titik-titik tersebut mempunyai warna tertentu sehingga menjadikan layar kita membentuk sebuah gambar yang berwarna. Pixel dalam sebuah gambar selain memiliki fungsi untuk membentuk sebuah grafis juga mempengaruhi kualitas warna dari jumlah warna yang dimilki.

Pixel, resolusi dan intensitas akan berpengaruh pada desain grafis yang kamu buat. Kalau kita memperbesar sebuah gambar pada layar hp kita atau laptop kita maka akan terlihat jelas bahwa gambar tersebut terdiri dari ribuan titik-titik atau dots. Titik-titik itulah yang disebut dengan piksel. Maka dari itu piksel atau pixel adalah unsur gambar yang berupa titik kecil yang dihitung per-inch.

Pengertian Resolusi

Resolusi merupakan sebuah penentu kualitas pada suatu gambar. Jika resolusi dalam suatu gambar itu tidak bagus maka gambar yang dihasilkan pun akan tidak bagus juga. Maka arti resolusi adalah tingkat kerapatan atau jumlah pixel pada area gambar. Semakin tinggi resolusi pada sebuah gambar, maka akan semakin tajam dan jernih pula gambar yang dihasilkan. Satuan yang dipakai dalam resolusi diukur berdasarkan jumlah PPI (Pixels Per Inch).

Sedangkan untuk mengetahui jumlah Pixel Per Inch kita dapat menggunakan DPI (Dots Per Inch). Dengan menggunakan DPI kita dapat mengetahui jumlah titik yang akan dicetak per inchnya. Maka dari itu jika semakin besar resolusi pada sebuah gambar, berarti semakin banyak pula pixel di dalam gambar tersebut. Hal ini yang membuat tampilan gambar menjadi semakin detail dan jernih. Maka sebuah file gambar dengan resolusi tinggi akan memiliki ukuran Mb yang besar juga.

Pengertian Intensitas Pixel Dan Resolusi Dalam Desain Grafis MakinTahu

Pengertian Intensitas

Intensitas adalah jumlah warna yang ada pada sebuah gambar. Intensitas bisa disebut juga dengan kedalaman warna suatu gambar. Pixel dengan intensitas pun saling terkait, dimana kumpulan pixel yang beragam warna akan mampu membentuk suatu pola pada gambar. Intensitas gambar mempunyai beberapa jenis warna, yaitu 256 warna (High Color), 16 juta warna (True Color), gradasi abu abu (Grayscale), dan hitam putih (Black & White).

Dari ketiga penjelasan diatas kita dapat mengetahui bahwa pixel sangat mempengaruhi resolusi pada sebuah gambar. Dengan memperhatikan pixel, resolusi dan intensitas, maka akan dapat membantu kamu dalam merencanakan desain grafis yang dibuat. Kesimpulannya bahwa pixel merupakan titik warna, resolusi merupakan tingkat kerapatan pixel (Jumlah Pixel), dan intensitas merupakan jumlah warna yang digunakan.

Penggunaan Resolusi

Umumnya dalam membuat sebuah desain grafis untuk keperluan cetak offset dan printing, kamu bisa menggunakan resolusi 300 DPI dan untuk keperluan desain cetak yang ditempatkan di dalam dan luar ruangan dapat menggunakan resolusi 100-150 DPI. Namun untuk gambar konten atau banner pada website, kamu dapat menggunakan resolusi 720 DPI. Namun sebaiknya kamu juga memahami ukuran panjang dan lebar, elemen warna CMYK dan RGB, serta resolusi desain sebelum di cetak.

Pembahasan diatas diharapkan mampu membantu kamu memahami setiap istilah dan fungsinya dalam dunia desain grafis. Oleh karena itu penting untuk memahami pengertian pixel, pengertian resolusi, pengertian intensitas sebelum terjun ke dalam dunia tersebut. Sekian penjelasan mengenai pengertian resolusi, pixel dan intensitas serta perbedaannya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *