MENGENAL COREL DRAW X8 UNTUK PEMULA

Hai sahabat sekalian, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu software kesukaan saya dalam hal membuat desain grafis. Betul sekali Corel Draw X8 atau CorelDRAW Graphics Suite 2018.

Mengenal Corel Draw X8 Untuk Pemula

Perkembangan tekhnologi saat ini dirasakan sangat pesat sekali, tidak terasa baru saja kemarin kita mencoba software terbaru sekarang sudah keluar versi terbarunya lagi. Begitupun dengan CorelDraw, pertama saya mencoba software ini entah tahun berapa tetapi pada saat itu yang saya tahu baru versi 5 atau CorelDAW 5. Kalau dibilang sekarang canggih dengan komputer spek dewa, dahulu komputer dengan layar tabung dengan processor pentium III sudah sangat mewah. Terlepas dari itu semua memang benar sekali kalau software ini sangat saya sukai dan mungkin hampir semua pekerjaan saya menggunakan tools atau software ini.

Apakah CorelDRAW X8 itu GRATIS?

Kalau boleh jujur selama beberapa tahun menggunakan coreldraw versi terdahulu belum pernah memakai lisensi resmi, maklumlah dulu anak putih abu dan setelah bekerjapun belum sanggup mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi tersebut.

Benar sekali software ini tidaklah gratis atau berbayar, lalu berapakah harganya?. corelDRAW full version yang ditawarkan oleh Corel Corporation ini dibandrol dengan harga $635 atau kalau di konversi ke mata uang IDR pada saat saya menulis artikel ini sekitar Rp. 8.699.500 (Delapan Juta Enam Ratus Sembilan PuluH Sembilan Ribu Lima Ratus Rupiah).

Mengenal Corel Draw X8 Untuk Pemula 3

Harga yang cukup fantastis baki sekelas kami yang bergaji pas pasan. Akan tetapi menurut saya kalau nanti ada uang saya akan membeli lisensi tersebut karena bagaimanapun kita hindari pembajakan dan dengan membeli produk tersebut kita akan mendapatkan fitur yang lengkap dengan suport dari perusahaan yang terjamin.

Apakah Saat Ini Saya Menggunakan CorelDraw Bajakan?

Licensing CorelDRAW X8 ini ada 3 macam menurut yang saya ketahui diantaranya:

  • Bussines Licensing
  • Education Licensing
  • Education

Dari semua licensing tersebut sahabat sekalian bisa mencoba produk tersebut secara gratis dengan Trial Version selama 15 hari.

Mengenal Corel Draw X8 Untuk Pemula 2

Sementara itu saya menggunakan software yang di download dari situs Coreldraw dot Com secara resmi. Dan membeli lisensi resmi pula walaupun bukan jenis lisensi retail.

Kenapa Memilih CorelDRAW X8?

Jika ditanya kenapa saya memilih corel draw x8? Jawabannya simple karena corel x7 saya sudah tidak bisa diinstal dikomputer saya (artinya kedetek nonlisensi). Begitu pekerjaan banyak dan dituntut lebih cepat saya kehabisan akal untuk mengatasi coreldraw yang saya punya, tidak jalan dikomputer kepunyaan.

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan saya membeli lisensi resmi dan mengupgrade komputer kepunyaan supaya lebih seimbang. Sebetulnya menurut pengalaman, software ini masih bisa berjalan di komputer spek rendah, akan tetapi untuk performa mungkin seadanya. Maka dari itu saya beralih dari AMD A6 ke AMD Ryzen 5 dengan beberapa upgrade memori, VGA dan beralih dari HDD ke SSD. Memang cukup menguras tenaga dan dompet hehe. Dan harus mengeluarkan beberapa puluh Dollar untuk membeli lisensi corel nya. So sampai saat ini saya puas dengan kinerjanya serta sangat cocok dengan windows 10.

Highlight CorelDRAW X8 di windows 10

Hailaig (mungkin begitu bilangnya :D) software ini pada windows 10. Berdasarkan pengalaman saya yang baru saja mengupgrade PC, OS dan CDR, ini sangat powerfull tampilan yang elegan, kaya fitur dan nyaman dipakai. Lebay dikit gapap kali ya… 😀
Semenjak beralih dari HDD ke SSD semua performa pada komputer semakin mneingkat, termasuk pada CorelDRAW ini, booting OS serta start aplikasi hampir hitungan beberapa detik. Sangat bagus untuk jenis komputer yang lowbudget seperti kepunyaan saya saat ini.

Mengenal Corel Draw X8 Untuk Pemula 4

Saat pertama kali membuka aplikasi ini kita disuguhkan dengan welcome screen dengan pilihan apakah kita akan langsung mulai dengan halaman kosong, menggunakan template atau membuka dokumen dari projek yang sedang kita kerjakan. Serta recent dokumen terpampang didepan sehingga kita bisa memilih thumbnail dari pekerjaan kita yang terbaru dibuat dan belum selesai.

Mengenal Corel Draw X8 Untuk Pemula 5

Untuk memulai dengan halaman baru langsung saja klik New Document hingga muncul popup properties dari halaman yang akan kita buat, atur sesuai kebutuhan sahabat sekalian. Kalau saya biasa mengatur :

  • Preset destination : Custom
  • Size : A4
  • Width dan Height : otomatis dan dalam Centimeter
  • Primary Color: CMYK
  • Rendering resolution : saya pilih 300 dpi, dan lanjut Klik OK!

Apa Kelebihan dan Kekurangan CorelDRAW X8?

Sejak menggunakan coreldraw dari versi 5, versi 9, versi 11, versi 12, X4, X6,  X7 dan sekarang X8, jujur saya tidak meneliti secara spesifik kekurangan dan kelebihan dari semua versi itu. Namun setiap versi mempunyai kekurangan dan kelebihan baik itu dari segi tools yang di versi sebelumnya tidak ada dibuat di versi tersebut. Kalau melihat corel draw x8 secara kasat mata hampir sama dengan versi x7 hanya saja toolbox dan toolbar lebih elegan dan penempatannya sedikit berbeda.

Menurut beberapa teman saya yang sama satu kantor Corel Corporation bekerjasama dengan Microsoft dan merilis corel draw x8 yang didesain lebih ke minimalis dan flat, memanfaatkan tekhnologi canggih untuk menciptakan software desain ini.

Kelebihan :

  • Merupakan aplikasi Suite yang memiliki banyak aplikasi dalam satu paket memungkinkan anda untuk mendesain, mengedit foto, membuat desain website dalam satu produk.
  • Lebih memanjakan penggunanya dengan berbagai kostumisasi pada User Interface-Nya dan penambahan berbagai fitur yang sangat membantu dengan kontrol penuh ada pada tangan penggunanya.
  • Tampilan lebih User Friendly dan sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun serta dapat menyesuaikan ruang kerja & antarmuka sesuai dengan tingkat keahlian Anda.
  • Menyediakan layanan template, clip dan font akan sangat membantu para desainer untuk membuat banyak project tanpa merujuk content lain.
  • Lebih stabil dari versi sebelumnya.

Kekurangan :

  • Harga yang dinilai terlalu mahal dibanding harga awal yaitu sebesar $499 (05/05/2016) amazon.com
  • Membutuhkan spek yang lebih tinggi dari pada pendahulunya, software akan terasa sedikit berat jika anda menggunakan spesifikasi minimum yang tertera. Tips : Gunakan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dari yang tertera
  • Masih sedikit lemah dalam segi warna dibanding rivalnya seperti Adobe Illustrator dan lainnya.
  • Lebih di optimalkan untuk OS Windows, namun masih belum kompatible untuk MAC.

Untuk menjalankan software ini ada minimum spek komputer yaitu :

  • Microsoft Windows 10, Windows 8.1 or Windows 7, in 32-bit or 64-bit, semua harus versi terbaru.
  • Intel Core i3/5/7 or AMD Athlon 64
  • 2 GB RAM
  • 1 GB hard disk
  • Multi-touch screen, mouse atau tablet
  • 1280 x 720 screen resolution at 100% (96 dpi)
  • Microsoft Internet Explorer 11 atau yang lebih tinggi
  • Microsoft .Net Framework 4.6

Demikian sekilas tentang corel CorelDRAW X8, untuk rincian lengkap saya akan bahas pada artikel selanjutnya. Owh iya jika ada yang penasaran saya beli lisensi dimana? Saya beli di eBay. Sekian dulu dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *