KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAJALAH CETAK DI MASA SEKARANG

Media yang satu ini menjadi unggulan yang disukai banyak orang selain koran atau surat kabar. Berbagai macam majalah dapat dengan mudah kita jumpai, mulai dari majalah wisata, majalah politik, majalah bisnis, majalah salon kecantikan, majalah gaya hidup bahkan majalah gadget. Banyaknya jenis-jenis majalah tersebut menampakan keterbukaan informasi yang semakin lebar. Dengan jumlah eksemplar dan pembaca yang banyak, majalah menjadi media yang memikat para pengiklan. Meskin demikian, majalah bukannya tidak memiliki kekurangan. Lebih jelasnya mari kita simak kelebihan dan kekurangan majalah di bawah ini.

Kelebihan Majalah

kelebihan dan kekurangan majalah di masa sekarang

Dapat dinikmati dalam waktu yang panjang

Berbeda dengan koran yang bisa terbit setiap hari, majalah memiliki waktu terbit yang berbeda. Hal ini tergantung dengan keputusan dari perusahaan, waktu terbit majalah ada yang satu minggu sekali, dua minggu sekali, bahkan 1 bulan sekali. Dengan waktu terbitnya yang lama, tentunya majalah dapat dinikmati dalam waktu yang panjang, sehingga kamu tidak akan ketinggalan majalah keluaran edisi terbaru. Berbeda jika kamu membeli koran yang harus setiap hari agar mendapatkan info terbaru, sehingga kamu bisa dapat menghemat uang karena tidak harus setiap hari membeli majalah.

Informasi yang dikemas lebih menarik dan mendalam

Karena waktu terbitnya yang lama, tentunya setiap info yang diberikan dikemas lebih mendalam dan lebih rinci sehingga kamu akan mendapatkan informasi yang sangat-sangat jelas. Jadi kamu tidak akan penasaran akibat informasi yang diberikan tidak lengkap bahkan menggantung, selain itu informasi tersebut akan dikemas menjadi lebih menarik. Hal ini tentunya membuat para pembaca tertarik untuk membacanya sehingga tidak membosankan, ditambah lagi bahasa yang digunakan lebih ringan sehingga mudah dipahami. Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan majalah, namun banyak orang yang sering bosan membaca sebuah koran dibandingkan dengan majalah.

Pembacanya Lebih Selektif

Tentunya pembaca koran diperuntukan untuk seluruh kalangan, mulai dari yang dewasa hingga remaja sehingga semua orang dapat membaca koran. Tidak heran jika informasi yang diberikan pada koran lebih umum karena dapat dibaca oleh semua orang sehingga info yang diberikan tidak mendalam. Namun jika pada majalah, biasanya pembacanya lebih selektif. Contohnya jika majalah kecantikan, tentunya pembaca untuk majalah tersebut adalah mereka yang tertarik untuk kecantikan. Tentunya info yang diberikan seputar dunia kecantikan, hal ini membuat info yang diberikan lebih mendalam sehingga kamu mendapatkan informasi yang lebih. Hal ini tentunya membuat pihak majalah dapat membangun jaringan yang kuat, serta untuk mencari bahan majalah selanjutnya juga sangat mudah.

Tampilan Yang Eksklusif

Dari segi penampilan, majalah lebih menarik dibandingkan dengan koran. Sebab pada majalah biasanya menggunakan cover yang menampilkan model maupun bintang yang terkenal sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Penggunaan cover juga berbeda setiap edisinya, hal inilah yang tidak terdapat pada koran yang tidak memiliki cover. Hal inilah yang membuat tampilan majalah terlihat lebih bagus dibandingkan koran, ditambah lagi pada majalah menggunakan kertas yang berkualitas tinggi dibandingkan dengan koran. Majalah biasanya menampilkan gambar yang full color sehingga akan menarik ketika dibaca, namun jika pada koran biasanya gambarnya tidak akan bewarna serta apabila bewarna maka tidak akan terlihat terlalu jelas. Hal ini bisa saja karena efek penggunaan kertasnya, tidak heran jika banyak orang yang senang membaca majalah karena tampilan gambarnya juga sangat bagus dan enak jika dilihat.

Kelemahan Majalah

Harga yang relatif tinggi

Umumnya majalah memiliki harga yang relatif tinggi, berbeda dengan koran yang harganya jauh lebih murah sehingga lebih terjangkau jika dibeli setiap hari. Jadi tidak semua orang dapat memiliki setiap edisi pada sebuah majalah, hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat kertas yang digunakan berkualitas tinggi serta beberapa hal yang membuat biaya produksinya lebih tinggi sehingga membuat harga jualnya menjadi tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang sering ketinggalan sebuah majalah apabila diterbitkan dalam waktu yang singkat seperti seminggu sekali.

Distribusinya yang tidak merata

Beberapa majalah bahkan ada yang tidak dapat didistribusikan dengan merata pada sebuah wilayah, sehingga tidak semua masyarakat dapat menjangkau info di dalamnya. Berbeda dengan koran yang bisa dijangkau seluruh wilayah, padahal info yang diberikan pada sebuah majalah lebih mendalam. Apabila dapat didistribusikan dengan merata, tidak heran jika harga sebuah majalah antar 1 wilayah dengan wilayah lainnya berbeda mengingat ongkos kirim pada sebuah wilayah yang berbeda. Semakin jauh tempatnya maka ongkos kirimnya lebih mahal, hal inilah yang membuat harga majalah menjadi lebih mahal lagi. Bahkan beberapa majalah tidak memiliki kantor distribusi di beberapa daerah sehingga membuat daerah tersebut tidak terjangkau.

Rendahnya fleksibelitas (terbatas)

Karena tidak dapat didistribusikan dengan merata, maka tidak heran jika fleksibelitas pada majalah terbatas. Hal ini dikarenakan tidak semua wilayah dapat menjangkau majalah tersebut, sehingga tidak semua orang dapat mengetahui info pada majalah tersebut. Berbeda dengan koran yang didistribusikan dengan merata, sehingga dapat mencari koran dengan mudah dan tidak dibutuhkan usaha yang berlebihan untuk mendapatkannya.

Bahan yang mudah rusak

Karena menggunakan kertas, walaupun kertas yang berkualitas tinggi namun tidak menutup kemungkinan jika kertas tersebut robek maupun koyak pada saat proses pengirimannya. Hal ini tentunya membuat informasi yang diberikan tidak jelas akibat kertas tersebut rusak, oleh sebab itu sangat diharapkan ketika proses pengiriman barang harus sangat dijaga agar tidak mudah rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *