JENIS DESAIN DAN CONTOHNYA

Berikut ini ada macam-macam jenis desain dan contohnya yang perlu diketahui. Jika kamu merupakan seorang editor atau desainer yang sering kali menggunakan berbagai jenis software untuk membuat pola tertentu, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan projek desain. Bahkan beberapa orang menggunakan desain sebagai salah satu hal yang mereka andalkan dan bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan atau merupakan sumber penghasilan.

Macam Macam Jenis Desain dan Contohnya

Dalam desain itu sendiri ternyata ada berbagai macam jenis yang harus kamu ketahui. Macam-macam jenis desain dan contohnya ini tentu akan memberikan pengetahuan baru untuk kamu. Tentu saja berbagai macam desain ini memiliki unsur pembeda yang mencolok. Dengan begitu siapa pun bisa membedakannya dengan mudah dan tidak akan bingung.

Jenis Desain dan Contohnya

Berikut macam-macam jenis desain dan contohnya yang bisa kamu ketahui. Sebagian besar jenis desain ini memiliki keterkaitan antar satu dengan yang lain meski tak secara menyeluruh. Kamu juga bisa memadukan satu jenis desain dengan yang lain untuk membuat sesuatu yang bermakna dan memiliki nilai estetika untuk orang lain. Jika kamu yang ingin mengetahui macam-macam jenis desain dan contohnya, simak penjelasa berikut ini. Kamu bisa memahami secara lebih rinci untuk mendapat titik beda dari ketiganya.

Desain Gambar atau Visual

Desain gambar atau yang lebih sering dikenal dengan visual merupakan suatu teknik yang dilakukan desainer untuk membuat dan menyusun gambar sesuai dengan konsep desain yang diinginkan. Mereka membuat desain ini bermaksud untuk menyampaikan pesan kepada seseorang dengan melalui gambar tersebut. Tentu jenis desain ini pasti sangat bermakna.

Jenis Desain Visual Gambar Lukisan Bunga

Pada umumnya gambar yang dibuat desainer ini sangat indah dan kadang kali memuat emosi tertentu, baik itu positif maupun negatif yang disesuaikan dengan makna gambar. Contohnya seperti lukisan, karikatur dan lain-lain.

Desain Tulisan

Pada umumnya desain yang dibuat oleh desainer ini ditujukan untuk menyampaikan pesan atau makna kepada orang lain yang sifatnya bisa berupa visual maupun digital. Pada dasarnya ada banyak kata yang bisa disampaikan oleh desainernya.

Jenis Desain Tulisan Typography

Desain visual sendiri juga dibagi menjadi beberapa macam seperti visual, tulisan tangan yang beragam, sampai dengan tipografi (Typography). Contoh dari desain tulisan ini diantaranya reklame, buku, poster dan nama produk.

Simbol dan Logo

Satu lagi macam-macam jenis desain dan contohnya yang terakhir adalah simbol dan logo. Simbol dan logo ini bersifat khusus. Fungsi dari keduanya ini digunakan banyak orang untuk memberi nama kepada suatu produk dengan maksud mengidentifikasi nama perusahaan dengan simbol dan tipografi kata-kata.

Jenis Desain Simbol Logo Perusahaan

Pada dasarnya desainer yang membuat simbol dan logo ini memiliki pengalaman cukup. Hal tersebut dikarenakan desain simbol dan logo akan mempunyai hak cipta tersendiri. Contoh dari simbol dan logo ini misalnya logo Google, Adidas, Nike dan beanyak lagi logo terkenal lainnya.

Mengenal macam-macam jenis desain dan contohnya merupakan hal yang sangat penting, seperti yang sudah dijelaskan di atas, macam-macam jenis desain dan contohnya bisa kita bedakan menjadi tiga jenis. Dengan mengetahui berbagai macam jenis desain dan contoh desain itu sendiri maka akan memberi kemudahan atau manfaat untuk kamu dalam mengetahui seperti apa gambarannya secara umum dan spesifik sebuah desain.

Selain bisa mengetahui gambaran secara umum dan spesifik, kamu juga bisa membedakan mana yang termasuk desain gambar atau visual, tulisan, sampai dengan logo dan simbol. Hal ini akan memudahkan kamu jika ada projek untuk membuat desain tertentu. Tiga poin diatas juga akan menjadi pembeda yang akan membantu kamu untuk membuat sebuah desain yang tepat.

Satu lagi manfaat setelah mengetahui macam-macam jenis desain dan contohnya seperti di atas, maka kamu juga akan lebih mudah untuk memadukan satu desain dengan yang lain jika memang diinginkan. Perpaduan yang tepat bisa kamu lihat juga dari berbagai jenis desain seperti yang ada di atas. Dengan begitu hasilnya pun akan semakin maksimal dan sesuai dengan keinginan.

Sekian pembahasan mengenai macam-macam jenis desain dan contohnya, semoga bermanfaat.