Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

membuat desain kemasan produk

Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat menguatkan branding usaha kamu dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Desain kemasan yang menarik dan berkualitas menjadi pembeda dari kompetitor.

Melalui desain kemasan produk, kamu dapat menyampaikan informasi mengenai brand, logo, kualitas, dan lain-lain. Hal ini juga yang akan menarik perhatian pelanggan untuk jatuh cinta pada produkmu. Nah, pertanyaan adalah bagaimana cara membuat desain kemasan produk yang bagus tanpa perlu menambah biaya produksi?

Sebenarnya, kemasan menarik tak harus mahal atau banyak hiasan, kamu hanya perlu menjadi kreatif dan membuat keseimbangan antara efektivitas dan kreativitas. Ini akan membuat barang daganganmu lebih stand out serta menarik perhatian orang yang melihat. Artinya, konsumen akan terikat untuk selalu mengingat produkmu. Desain kemasan menarik dan unik pasti punya semacam karakter yang bisa membedakan dengan produk lainnya.

Apa fungsi desain kemasan yang menarik?

Perlu kamu ingat bahwa sebuah desain yang menarik harus bisa merefleksikan produk itu sendiri dan karakter bisnis kamu. Bagi pelaku bisnis yang sudah berpengalaman, tentu hal ini sangat diperhatikan karena dapat membantu proses pemasaran.

Apa fungsi desain kemasan produk yang menarik?

  • Membantu pemasaran karena dalam desain kemasan tersebut tercantum informasi penting seperti merek bisnis, jenis produk, penjelasan produk, expire date, kandungan gizi, serta alamat dan keterangan produsen.
  • Meningkatkan kualitas serta brand awereness produk tersebut karena makin dikenal sekaligus dipercaya konsumen dan calon konsumen baru.
  • Menjaga kualitas barang di dalamnya seperti makanan tetap aman, pakaian agar tidak rusak, alat elektronik tetap terjamin dan bisa digunakan.
desain kemasan yang menarik

Rahasia desain kemasan produk yang menarik

Kamu bisa mengetahui rahasia membuat desain packaging produk yang bagus apabila menerapkan tips di bawah ini dengan baik. Jangan sampai menganggap tidak penting hal tersebut karena keberadaannya mampu mempengaruhi sukses atau tidaknya bisnis.

Tentukan desain terlebih dahulu

Hal paling utama adalah menentukan dulu desain dari kemasan agar sesuai dengan tujuan penjualan. Tak hanya soal menarik dan unik saja melainkan harus mencantumkan berbagai informasi penting supaya memudahkan pembeli mengetahui kualitas dari produk tersebut. Kamu bisa meminta bantuan atau menggunakan jasa desain grafis khusus membuat packaging terbaik.

Pilih bentuk kemasan yang sesuai

Setelah menentukan desain gambar maka selanjutnya bentuk dari kemasan tersebut, apakah hendak dibuat biasa atau berbeda dari brand lain di pasaran. Sebaiknya kamu memang menggunakan taktik baru yang lebih kreatif supaya masyarakat berbagai kalangan tertarik dalam satu kali lihat saja. Misalnya memilih packaging berbentuk persegi panjang, bulat, tabung, dan lain sebagainya.

Pemilihan warna yang tepat

Warna juga mempengaruhi profit penjualan karena makin mencolok dan menarik maka banyak orang tertarik membelinya. Akan tetapi gunakan perpaduan serasi sehingga terlihat enak dipandang sekaligus cantik.

Gunakan kalimat sederhana

Pada kemasan produk, seringkali ditemukan berbagai tulisan selain komposisi ataupun identitas barang itu sendiri. Misalnya saja kalimat slogan, kata-kata persuasif, nama brand, dan lainnya. Meskipun ingin dibuat menarik tetapi hindari penggunaan kalimat berlebihan, alay, atau kurang penting yang mampu membuat bingung para konsumen. Pakailah gaya bahasa sederhana, mudah diingat tetapi mampu mengintepretasikan tujuan maupun barang tersebut.

Dengan mengetahui rahasia membuat desain packaging produk yang bagus maka keuntungan bisnis bertambah besar. Cobalah untuk berkonsultasi pada ahli bisnis berpengalaman atau browsing internet agar kamu mendapatkan banyak inspirasi baru.

Itulah cara-cara membuat desain kemasan produk agar bagus dan menarik. Semoga bermanfaat.