CARA MEMBUAT BANNER YANG MENARIK

cara membuat banner

Internet bisa digunakan untuk mempromosikan website bisnis kamu agar lebih dikenal masyarkat luas. Seperti yang diketahui, internet memiliki cakupan sangat luas dan dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Cakupan yang luas menjadikan internet sebagai media promosi efektif. Ini memang bagus untuk kamu. Namun di sisi lain kamu juga perlu berhati-hati. Luasnya cakupan pengguna juga dapat berarti membanjirnya kompetitor. Agar dapat berhasil di sini, kamu perlu tampil menarik.

Bila kamu seorang bloger atau pemilik website yang ingin menjalankan usaha dengan pemasaran digital. Maka tentunya kamu harus meningkatkan trafik dahulu ke situs milikmu, untuk meningkatkan trafik tersebut tentunya kamu harus membuat sebuah banner yang menarik.

Tidak bisa dipungkiri, banner digital adalah alat/media marketing yang menjadi peran utama dalam memasarkan situs dan produk bisnis di seluruh dunia. Berikut ini ane akan coba memberikan Tips membuat banner menarik untuk meningkatkan jumlah click.

Pakai ukuran banner yang sudah menjadi standart

Menurut penilitan yang ane teliti dari artikel di google adsense, banner dengan ukuran standart yaitu 728×90 px untuk papan atas dan 300×600 px untuk halaman tengah menjadi banner yang paling sukses dalam memasarkan produk.

Pasang banner pada tempat yang sesuai

Banner yang sudah kamu buat, jangan asal dipasang. Misalnya jangan pasang dibagian terlalu bawah, tetapi pilihlah posisi banner di dekat isi konten situs. Dengan cara ini banner kamu akan lebih terlihat oleh pengguna internet yang berada dalam situs banner kamu dipasang .

Perhatikan Desain Banner

Banner yang kamu buat harus menciptakan brand awareness terhadap produk dan bisnismu, maka dari itu sebuah banner yang efektif adalah banner yang memiliki logo perusahaan, kelebihan dari produkmu dan ajakan untuk membeli dengan menampilkan sebuah tombol agar di klik pada banner.

Simpel

Jadikan bannermu terlihat simple tidak terisi oleh kata kata yang rumit.

Tombol

Bergantung dari tipe banner dan produk mu, gambar tombol pada sebuah banner dapat menjadi penentu apakah orang akan mengklik bannermu atau tidak. Buat agar warna tombol mecolok dari warna pada latar belakang banner mu.

Punya bingkai yang jelas

Secara psikologis, saat melihat orang akan terfokus pada apa yang ada didalam bingkai. Jadi cobalah untuk membuat sebuah bingkai pada pinggiran bannermu.

Buat tulisan terlihat jelas

Tidak hanya tombol dan bingkai, tulisan pada banner juga harus terlihat jelas. Orang yang melihat banner rata rata hanya memperhatikan sekilas, jadi bila tulisanmu tidak jelas maka bannermu tidak akan memberikan efek brand awareness bagi orang

Animasi

Gambar pada banner yang menggunakan animasi bergerak pada banner akan lebih menarik perhatian orang.

Menyatu tapi mencolok

Banner yang akan kamu pasang hendaknya memilki warna yang menyatu dengan situs tempat kamu memasang banner. Akan tetapi banner tersebut tetap harus mencolok.

Konsisten dengan iklan pada banner

Saat klik banner, para calon pembeli akan diarahkan masuk ke halaman untuk membeli, jangan biarkan tulisan yang ada banner tidak sesuai dengan yang tertera pada deskripsi produk di halaman untuk membeli tersebut.

Pakai gambar yang sesuai

Kamu harus memakai gambar yang sesuai dan berhubungan dengan produk pada bannermu, contohnya jangan memakai foto binatang untuk banner produk kecantikan.

Pakai warna yang sesuai

Warna harus sesuai dengan tipe produk yang ada di bannermu, semua warna memiliki arti berbeda. Misalkan banner mempromosikan penjualan tiket ke Disneyland, kombinasi warna merah yang penuh semangat dan kuning yang penuh ceriah akan lebih efektif daripada kamu pakai warna gelap.

File data banner harus kecil

Tidak semua orang memilki internet kencang, semakin banyak isi data pada banner milikmu maka orang akan semakin lama masuk ke situs untuk membeli produk milikmu, dan kemungkinan terbesar adalah orang batal masuk ke situs milikmu

Sekarang kamu sudah mengerti tips yang ane kasih, cobalah mulai membuat banner mu. Semoga bermanfaat.