BAGAIMANA MEMULAI USAHA DESAIN GRAFIS

Pada era digital ini, dunia merupakan dimana semua orang menginginkan segala sesuatu secara instan dan mudah untuk menjalani hidup sehari-hari. Begitu pula jika kamu seorang desainer grafis, pasti juga memerlukan teknologi yang dapat mempermudah bisnis kamu. Membaca peluang bisnis dalam desain atau membaca peluang mendapatkan income, mencari uang dan penghasilan dalam mendesain adalah kunci kesuksesan dalam karir desain kamu. Banyak yang berpendapat bahwa hanya sekedar kemampuan desain, pengalaman dan kerja keras cukup untuk mencapai hal tersebut.

Cara membaca peluang bisnis desain

Ekspresi jiwa

Manfaat paling utama adalah kamu bisa mengekspresikan daya cipta dan kreativitas sebebas mungkin sesuai dengan gaya kamu. Kebanyakan orang lebih memfokuskan diri menjadi desainer grafis ketimbang seniman yang bidang cakupannya terlalu luas. Secara jelas, profesi desainer grafis lebih menguntungkan secara finansial daripada seniman umum. Lebih menguntungkan lagi adalah seniman yang bisa menggunakan komputer sebagai sarana ekspresi desainnya. Kombinasi ini sungguh powerfull, bakat alami seni yang disokong oleh kecanggihan teknologi komputer dapat menjadi pekerjaan yang mempunyai bergaining power amat tinggi dan mahal harga jualnya.

Banyak klien di pasar yang luas

Beberapa sektor usaha bisnis mempunyai target klien yang amat terbatas. Jika suatu bidang usaha bisnis merencanakan promosi bisnisnya, maka diperlukan Marketing Tools untuk aktifitas promo penjualannya. Nah, disinilah profesi desainer grafis diperlukan. Tidak sekedar mendesainkan produk promosinya saja, tapi juga bisa mendapatkan peluang order (include) cetaknya dari perusahaan tersebut.

Bekerja secara freelance

Yang paling menyenangkan dari profesi desainer grafis adalah kita bisa bekerja secara freelance tanpa diatur oleh waktu. Saat ini, banyak peluang usaha freelance mengerjakan desain grafis secara online. Ratusan, bahkan ribuan lowongan pekerjaan desainer grafis disediakan oleh agen Graphic Design Jobs seperti sribulancer, freelancer.co.id, 99design, dan lainnya secara online di internet. Tinggal pilih saja kerjaan desain mana atau dari perusahaan mana yang kamu mau. Hanya perlu pandai-pandai saja mengatur waktu, jangan sampai semua pekerjaan diambil tapi deadline waktu tidak mencukupi.

Freelancer

Membuat studio desain dan jalankan bisnis

Bila kamu mempunyai mimpi membangun studio desain grafis atau semacam workshop, beralihlah dari freelance ke arah yang lebih besar lagi skala bisnisnya. Mulailah membangun studio desain grafis dan menjalankan bisnis desain grafis dengan merekrut beberapa tenaga desainer kenalan kamu sebagai freelancer di studio desain grafis milik kamu. Jadilah manager atau Art Director sebagai pemimpin bawahan kamu. Terapkan manajemen waktu dan etika bisnis yang benar untuk membangun brand image perusahaan kamu, agar kamu bisa dipercaya oleh banyak klien guna menggarap proyek promosi bisnisnya.

Studio Desain

Fleksibilitas ke arah desain web atau desain cetak

Hal yang paling keren adalah desainer grafis bisa beralih menjadi seorang web designer dalam waktu yang relatif singkat. Sedangkan desainer web dengan dasar ilmu programer komputer tidak selues desainer grafis. Yang namanya feeling dan bakat desain tidak bisa dipelajari, tapi ilmu programer komputer bisa dipelajari dengan mudah. Nah, desainer grafis lebih unggul ketika harus bolak-balik berimigrasi kearah desainer website, atau sebaliknya ke arah desain ceta. Namun menurut pengalaman penulis, sebaiknya fokuskan ke satu bidang saja. Memang dengan mengerjakan banyak bidang sekaligus lebih membuka kesempatan untuk dapat lebih banyak klien. Hanya saja, klien akan menjadi bingung kearah mana spesialisasi kamu. Mungkin tidak jadi masalah jika klien yang ditangani adalah semacam UKM atau startup, tapi jika klien seperti perusahaan besar biasanya lebih memilih desainer yang punya spesialisasi.

Kerja dari rumah menjalankan bisnis

Jika kamu tidak siap dengan modal usaha untuk membangun studio desain grafis atau jenuh ikut bekerja dengan orang lain, sebaiknya kamu bekerja saja dirumah. Bekerja dirumah akan membuat hati dan pikiran lebih tenang. Modalnya cuma seperangkat komputer, lebih bagus lagi bila terkoneksi dengan internet agar sekalian bisa berbisnis secara online di rumah.

Seorang desainer tidak hanya lihai dalam menggambar, mendesain, atau mengedit saja, tetapi juga memerlukan sebuah strategi dalam berbisnis agar menghasilkan laba. Berikut adalah aplikasi desain grafis strategi kreatif dalam periklanan yang merupakan suatu rencana dalam berbisnis yang sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya bisnis bidang desain grafis yang kamu bangun:

  1. Pentingnya kreatifitas dalam merancang pesan
  2. Kreatifitas adalah kemampuan menyediakan gagasan atau ide baru. Untuk itulah strategi merancang pesan yang sukses membutuhkan pengembangan dan eksekusi strategi kreatif.
  3. Copi platform
  4. Seperti proses promosi dan pemasaran lainnya, aspek kreatif periklanan dipandu oleh tujuan dan sasaran yang spesifik.
  5. Identifikasi audien sasaran
  6. Strategi ini maksudnya, melakukan identifikasi pada pasar yang kita bidik atau melakukan segmentasi pasar.
  7. Strategi unique selling proposition Strategi ini berarah pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh produk saingannya.
  8. Strategi brand image
  9. Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu image tertentu (melalui periklanan).
  10. Strategi resonansi
  11. Gagasan umum strategi positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan tempat yang baik dalam benak konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *