8 JASA PERCETAKAN UNTUK BRANDING DAN PROMOSI

Peran percetakan dalam aktivitas sehari-hari sangat vital. Misalnya dalam dunia perkantoran, sebuah lembaga/instansi atau perusahaan membutuhkan percetakan untuk keperluan alat-alat kantor seperti kop surat, kartu nama, stopmap (folder), ID/member card, dan sejenisnya. Begitu juga dalam dunia pendidikan, pelajar dan mahasiswa memerlukan percetakan untuk mencetak dokumen-dokumen sebagai bahan atau tugas sekolah/kuliah.

Percetakan juga tak bisa dipisahkan dari dunia industri maupun bisnis komersial. Biasanya perusahaan komersial mencetak brosur, kalender, flyer, booklet, katalog ataupun booklet untuk keperluan pemasaran. Melalui media-media promosi cetak tersebut, perusahaan memamerkan berbagai macam pesan merek untuk mempromosikan dirinya.

Apa saja jenis layanan yang diberikan oleh percetakan? Jenis layanan cetak yang diberikan biasanya menggunakan teknologi mesin offset atau digital printing meliputi cetak brosur, katalog, kalender, flyer, poster, leaflet, ID/member card, kemasan, kartu nama dan media promosi cetak lainnya. Jenis-jenis layanan cetak tersebut dapat dilihat di price list atau daftar harga lengkap yang ditawarkan oleh percetakan.

Cetak Brosur

cetak brosur

Brosur ada berbagai macam, misalnya brosur lipat dua, brosur lipat tiga atau empat. Sebelum mencetak brosur, tentukan jenis atau bahan kertas yang akan dipakai. Biasanya, brosur berukuran A4 dan menggunakan kertas art paper atau matte paper dengan ketebalan 120 atau 150 gram. Selain itu juga, ada jenis kertas art carton dengan ketebalan 230 atau 260 gram. Untuk mempercantik tampilan, brosur bisa ditambahi dengan finishing berupa laminasi glossy yang mengkilap atau laminasi doff yang agak lembut (soft).

Cetak Kalender

cetak kalender

Kalender memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran yang unik, misalnya kalender dinding atau kalender meja. Jumlah lembaran kalender berbeda-beda tergantung pada jumlah bulan yang ingin ditampilkan. Contohnya, kalender yang menampilkan 2 bulan tiap lembarnya, berarti ada sekitar 8 halaman kalender, ditambah dengan cover depan dan belakang. Finishing kalender yang sering dipakai berupa spiral dan jepit kaleng.

Cetak Map (folder)

cetak folder map

Folder atau bisa juga disebut dengan stopmap yaitu media cetak yang berfungsi untuk memuat dan memnyimpan berkas-berkas atau dokumen penting. Stopmap sering dipakai karena sangat praktis dan mudah dibawa dan dimasukkan dalam tas. Media cetak stopmap umumnya dipakai di perkantoran yang berukuran kertas folio. Agar lebih menarik lagi, stopmap bisa dicetak full color dengan memakai kertas art carton yang dilapisi laminasi doff atau glossy.

Cetak Banner Indoor/Outdoor

cetak banner

Banner promosi ada dua macam yaitu banner indoor dan banner outdoor. Bahan yang dipakai untuk mencetak banner indoor ataupun outdoor berukuran besar (large format) yaitu flexi frontlite china, german atau korea dengan ketebalan 280 gram, 340 gram atau 440 gram. Selain banner large format, ada juga jenis standing banner yang terdiri dari X-banner, Y-banner, mini banner, dan roll-up banner. Standing banner menggunakan rangka khusus yang lebih ringan dan bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Cetak Kemasan (Packaging)

cetak packaging

Fungsi utama kemasan atau packaging adalah sebagai bahan untuk membungkus dan melindungi suatu barang atau produk. Misalnya, produk makanan yang dibungkus dengan kertas karton atau box makanan agar terlindungi dan steril dari debu. Selain itu juga, dengan kemasan, barang atau produk dapat terhindar dari kerusakan. Bentuk dan volume kemasan beragam tergantung ukuran produk yang hendak dikemas.

Cetak ID / Member Card

cetak id member card

Member card merupakan media yang sering dipakai oleh perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai anggota. Perusahaan yang biasanya memakai member card contohnya salon kecantikan, spa kecantikan, supermarket, klinik kecantikan, fitness center atau toko-toko retail.

Orang yang mempunyai member card biasanya diberikan beberapa fasilitas eksklusif dan kemudahan-kemudahan khusus. Misalnya, pemilik member card supermarket tertentu mendapatkan diskon atau potongan harga. Sedangkan identification (ID) card banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai karyawan atau staff.

ID card berfungsi sebagai tanda pengenal yang dilengkapi dengan identitas sang pemilik ID card seperti nama, jabatan, dan foto diri.

Cetak Hang Tag

cetak hangtag

Hang tag merupakan media yang dipasang pada pakaian sebagai label yang menandakan merek tertentu. Sesuai namanya, hang tag dipasang dengan cara digantung menggunakan semacam tali plastik atau tali anyaman bambu dengan ketebalan yang relatif tipis.

Cetak Undangan

cetak undangan

Undangan dapat dipakai untuk berbagai macam keperluan, misalnya undangan pernikahan, undangan khitanan, undangan ulang tahun, undangan seminar, dan lainnya. Bentuk undangan ada berbagai macam, ada yang didesain secara khusus dan dicetak full color dan ada pula yang menggunakan semacam blangko yang sudah tersedia di toko-toko kertas atau percetakan. Media-media promosi cetak di atas bisa dipilih dan dikombinasikan sesuai dengan selera dan kebutuhan. setelah mengetahui jenis media promosi cetak, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mencetak. Misalnya, perhatikan kelengkapan file-file desain yang akan dicetak. Lalu, pastikan huruf yang dipakai dalam desain sudah di-copy dalam flashdisk atau di-convert agar huruf tidak berubah (missing font). Sebelum dicetak dalam jumlah banyak, sebaiknya kamu meminta proofing cetak untuk memastikan bahwa tidak akan terjadi salah cetak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *