Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Media Promosi Cetak

Apa jadinya sebuah perusahaan atau merek yang tak pernah melakukan promosi? Kemungkinan besar, merek tersebut tak akan dikenal oleh orang lain yang akan berakibat pada omset penjualan. Itulah kenapa kegiatan promosi sangat penting dilakukan oleh setiap pebisnis yang menjalankan usahanya.

Salah satu tujuan promosi yaitu agar merek kita semakin dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan banyak pelanggan setia. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, promosi dilakukan untuk menunjang dan meningkatkan penjualan produk.

Banyak cara untuk melakukan promosi, salah satunya dengan memanfaatkan media promosi cetak. Walaupun teknologi informasi mengarahkan khalayak pada penggunaan media internet, namun media promosi cetak masih tetap bertahan. Alasannya, media cetak mempunyai keunggulan yang tak dimiliki oleh media internet. Diantaranya, media promosi cetak lebih mudah diakses dibandingkan dengan media internet.

Bentuk media promosi cetak sangatlah beragam. Setiap media promosi cetak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pemasar perlu mengkombinasikan antara media satu dengan media yang lainnya. Variasi penggunaan media promosi dapat memaksimalkan penyampaian pesan-pesan merek kepada target sasaran.

Macam-Macam Media Promosi Cetak

Berikut ini adalah jenis-jenis media promosi cetak yang dapat menjadi pilihan kamu dalam memasarkan produk. Media promosi cetak apakah yang paling tepat tentunya harus dipertimbangkan sangat matang agar biaya atau anggaran pemasaran tidak terbuang percuma. Beberapa pertimbangan pemilihan media promosi cetak di antaranya yaitu jumlah anggaran, karakteristik produk, dan target sasaran yang ingin dituju.

1. Iklan Media Massa Cetak

Iklan Media Massa CetakIklan Media Massa Cetak

Media massa cetak seperti surat kabar atau koran, tabloid, dan majalah dapat menjadi alternatif pertama kamu dalam mempromosikan produk dan jasa. Media massa cetak baik lokal ataupun nasional merupakan sumber informasi utama yang umumnya dicetak dalam jumlah banyak dan disebarluaskan kepada banyak orang dalam waktu yang relatif singkat.

Tingkat jangkauan media massa cetak yang tinggi dan luas memungkinkan iklan dilihat dan dibaca oleh banyak orang sehingga pesan merek dapat tersampaikan dengan baik. Apalagi jika karakteristik pembaca media massa tersebut sesuai dengan khalayak sasaran yang kamu tuju.

2. Poster

Media Promosi Cetak PosterMedia Promosi Cetak Poster

Media promosi cetak ini merupakan sarana komunikasi pemasaran yang paling umum dan sering dijumpai di banyak tempat, terutama di tempat-tempat umum dan strategis.

Ukuran poster yang relatif besar berpotensi untuk menarik perhatian pembaca dan mengarahkan mereka pada pesan merek. Poster harus didesain semenarik mungkin agar menarik perhatian orang karena media ini biasanya dibaca sambil lalu.

3. Banner

Media Promosi Cetak BannerMedia Promosi Cetak Banner

Berkembangnya mesin percetakan yang semakin maju dan canggih semakin memudahkan orang dalam mencetak materi promosi dalam ukuran besar.

Banner umumnya dicetak dalam ukuran besar dan ditempatkan pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang. Bentuk banner dan teknik pemasangannya bervariasi. Banner yang dipasang pada rangka berbentuk seperti huruf X mudah dipindahkan dan dikenal dengan X-banner. Ukurannya pun bermacam-macam ada pula yang berukuran kecil dan biasa ditempatkan di meja, disebut dengan mini X-banner.

4. Brosur

Media Promosi Cetak BrosurMedia Promosi Cetak Brosur

Bisa disebut juga dengan pamflet, brosur berupa lembaran yang bisa dibaca lebih lama dibandingkan dengan poster.

Brosur umumnya dicetak dalam jumlah yang relatif banyak, dicetak dengan kualitas yang bagus, dan diterbitkan secara tidak berkala pada kesempatan tertentu, misalnya pada event pameran.

Brosur yang berupa lembaran satu muka atau bolak balik dan mempunyai lipatan disebut dengan leaflet.

5. Flyer

Media Promosi Cetak FlyerMedia Promosi Cetak Flyer

Media yang satu ini sangatlah praktis dan cocok untuk menampilkan informasi yang singkat namun padat. Ia berupa selembaran yang biasanya dibagikan kepada khalayak dan berupa informasi tentang program promosi seperti diskon atau kegiatan tertentu.

Flyer yang merupakan satu lembar kertas tanpa lipatan seringkali dicetak dalam jumlah yang banyak agar mudah menjangkau banyak orang.

6. Kalender

Media Promosi Cetak KalenderMedia Promosi Cetak Kalender

Kita dapat menggunakan kalender sebagai media promosi cetak yang cukup ampuh. Orang cenderung suka menyimpan kalender sebagai alat penunjuk tangal dan hari serta bulan sehingga media ini dapat menampilkan pesan-pesan merek yang mempunyai umur panjang.

Jumlah lembaran kalender bervariasi. Ada kalender yang hanya berupa satu lembar mirip poster dan ada pula yang berupa banyak lebaran.

7. Katalog

Media Promosi Cetak KatalogMedia Promosi Cetak Katalog

Katalog dapat menjadi alternatif pilihan media promosi cetak yang mampu menampilkan banyak informasi. Media ini sangat cocok untuk produk yang mempunyai banyak spesifikasi dan detail sehingga pembaca dapat mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk yang ditawarkan. Dengan katalog, pembaca umumnya membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memutuskan produk yang akan dibelinya.

8. Kartu Nama

Media Promosi Cetak Kartu NamaMedia Promosi Cetak Kartu Nama

Walau teknologi canggih seperti ponsel pintar dapat menyimpan berbagai informasi dengan mudah, namun kartu nama masih tetap diperlukan. Ibaratnya, kartu nama adalah duta bisnis yang mencerminkan dan mewakili perusahaan kamu.

Informasi yang harus ada dalam kartu nama yaitu nama perusahaan dan kontak yang bisa dihubungi.

9. Kaos

Media Promosi Cetak KaosMedia Promosi Cetak Kaos

Kaos atau T-shirt merupakan media promosi cetak yang populer dan sangat mudah diterima oleh khalayak. Umumnya, orang secara suka rela memakai kaos promosi karena sifatnya yang nyaman dipakai dan dapat dipakai dalam banyak kesempatan, terutama dalam situasi yang tidak formal. Nah, dengan menampilkan logo merek pada kaos, maka secara langsung ataupun tidak, kita telah mempromosikan merek pada banyak orang.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Media Promosi Cetak"