Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Kertas Untuk Percetakan

Keberadaan kertas sangat membantu manusia dalam segala bidang. Dunia pendidikan, perkantoran tak terkecuali percetakan memerlukan suatu media yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen penting. Dan kertas merupakan jawaban tepat untuk segala keperluan cetak. Kertas cetak yang lengkap dan murah memiliki beberapa variasi ukuran, ketebalan, tekstur ataupun warna.

Jenis kertas cetak apa yang kamu pilih tentu harus disesuaikan dengan keperluan. Misalnya, kamu ingin mencetak tugas-tugas kuliah, maka jenis kertas yang paling cocok adalah kertas HVS. Demikian juga, ketika hendak mencetak dokumen kantor, kertas HVS sesuai digunakan karena mempunyai daya serap yang tinggi.

Kamu sedang mencari kertas cetak yang lengkap dan murah? Kertas cetak yang berkualitas tersedia di toko-toko kertas terdekat di kota kamu. Nah, berikut ini salah satu jenis-jenis kertas untuk keperluan percetakan yang perlu diketahui.

Jenis Kertas Cetak Murah

HVS

Kertas ini paling banyak digunakan untuk keperluan cetak dokumen di perkantoran. Nama HVS itu sendiri berasal dari bahas Belanda “Houtvrij schrijfpapier” yang berarti kertas tulis bebas serat kayu. Permukaan kertas ini bersifat kasar dan memiliki daya serap yang tinggi.

Terdapat beberapa jenis ketebalan kertas HVS:

  • 70 gsm untuk kebutuhan fotokopi dan cetak dokumen biasa
  • 80 gsm untuk standar skripsi kampus, makalah, tugas-tugas sekolah dan dokumen penting kantor
  • 100 gsm untuk pencetakan dokumen yang membutuhkan kualitas gambar yang lebih bagus

Art Paper

Kertas art paper memiliki pori-pori yang sangat rapat. Penggunaanya dipadukan dengan tinta pigment art paper china. Perpaduan ini memberikan hasil warna di permukaan kertas lebih merata. Karena itu, art paper mampu mencetak secara maksimal. Hasilnya lebih cerah dan tegas.

Tidak hanya itu, warna dasar kertas art paper juga memengaruhi tingkat keceraha hasil cetak. Pasalnya, tinta untuk cetak offset cenderung transparan sehingga mengikuti warna kertas yang digunakan.

Jenis kertas yang permukaannya licin, lapisannya mengkilap dan memiliki daya serap yang rendah. Biasanya, jenis kertas ini bisa digunakan untuk keperluan cetak brosur, flyer, kalender, poster dan lain-lain.

Art Carton

Jenis kertas ini mirip dengan art paper namun permukaannya tidak mengkilap (semi doff). Kegunaannya sama dengan art paper.

sama dengan art paper, kertas art carton memiliki gramasi atau ketebalan yang lebih tinggi. Sering digunakan untuk keperluan cetak promosi dan membutuhkan jenis kertas yang lebih tebal.

Duplex (Coated)

Jenis kertas ini sering disebut juga dengan kertas karton yang memiliki warna putih di satu sisi dan warna abu-abu di sisi lain. Kertas duplex hanya dicetak di satu sisi saja, yaitu bagian yang berwarna putih saja dan bisa digunakan untuk keperluan kotak (box) makanan.

Ivory

Hampir sama dengan kertas art carton, namun kertas ivory memiliki dua sisi dengan tekstur yang berbeda. Satu sisi mempunyai tekstur yang lebih halus sementara sisi lain bertekstur kasar.

Samson

Kertas ini bertekstur dan tersedia dalam berbagai warna yang biasanya digunakan untuk keperluan cetak sertifikat atau undangan.

BW / BC / Linen / Concord

Jenis kertas ini bertekstur dan tersedia dalam berbagai warna yang biasanya digunakan untuk keperluan cetak sertifikat atau undangan. Di luar art carton, kertas BW juga bahan yang lazim digunakan untuk kartu nama, booklet atau kalender. Kertas BW (Blues White) memiliki beberapa nama seperti BC atau kertas manila. Jenis kertas ini tersedia beberapa warna dengan tekstur halus pada permukaannya. Gramasi yang populer digunakan 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

Jasmine

Kertas jasmine sering digunakan untuk keperluan cetak undangan yang mempunyai karakter kertas berkilau. Jenis kertas yang satu ini memiliki gramatur tebal dan tipis dengan efek kertas yang memiliki glitter. Harga yang ditawarkan untuk jenis kertas ini terbilang mahal dibandingkan dengan kertas undangan lainnya. Tapi kualitas yang diberikan sangatlah bagus sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan undangan.

Corugated

Jenis kertas ini bergelombang di salah satu sisinya dan bisa dimanfaatkan untuk mencetak kemasan karton box. Jika dicetak berwarna, kertas ini biasanya dilapisi lagi dengan kertas lain seperti HVS atau art paper. Memilih jenis kertas untuk pencetakan yang cocok perlu disesuaikan dengan anggaran yang ada agar bisa menghemat pengeluaran namun dengan kualitas yang terjamin.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Kertas Untuk Percetakan"