10 JENIS FONT TERBAIK UNTUK DESAIN GRAFIS

jenis jenis font terbaik

Bagi seorang desainer grafis, pekerjaan seperti membuat desain banner, desain typography, membuat logo, flyer, gambar illustrasi hingga membuat infografis merupakan aktifitas sehari-hari. Agar tetap kreatif dan produktif dalam menghasilkan karya-karya yang bagus, tidak jarang desainer grafis membuat ciri khas tersendiri. Misalnya, dalam pemakaian jenis font terbaik yang unik dan beda dari yang lain.

Dalam dunia desain grafis, jenis font dapat menyampaikan pengaruh tersendiri terhadap desain yang ditampilkan. Karena dapat memudahkan dalam penyampaian pesan dan mengungkap “rasa”. Pemilihan jenis font yang tepat akan membuat audiens tertarik untuk membaca lebih banyak. Dalam penggunaannya, tipografi banyak diaplikasikan dalam media cetak maupun media digital.

Tipografi yang benar tidak hanya fokus pada materi sebuah konten, namun juga bagaimana menyajikannya dengan format yang konsisten, begitu juga dengan pemilihan huruf yang dipakai. Sehubungan dengan itu, Fastwork sudah mengumpulkan 10 jenis font terbaik untuk desain grafis yang bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut ulasan lengkapnya di bawah ini.

Keuntungan menggunakan font yang bagus

Ada bermacam-macam jenis font keren di internet yang dapat digunakan secara gratis oleh desainer grafis, namun tetap harus memperhatikan proporsi dan perpaduannya dengan warna dan gambar. Tak hanya sekedar bagus saja, melainkan keselarasan antara warna, penempatan, bentuk, dan ukuran yang sesuai. Untuk beberapa karya tertentu, font memiliki manfaat seperti:

  • Melengkapi gambar atau desain yang telah dibuat sehingga tampilannya semakin bagus
  • Sarana menyampaikan pesan, tujuan, ataupun maksud dari pembuatannya secara langsung maupun tersirat
  • Sebagai idenditas bisnis, brand maupun slogan sebuah produk dan jasa

Tentu tujuannya agar mudah diingat klien, memudahkan branding, dan juga pemasaran untuk meningkatkan kualitas barang dan penjualan.

Rekomendasi jenis font untuk desainer grafis

Semakin terus berkembangnya teknologi digital saat ini tentu mempermudah kita dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan, termasuk dalam bidang grafis. Bertambahnya animo warganet untuk menjadi seniman grafis merupakan salah satu bukti.

Artinya, semakin banyak karya seni yang dihasilkan, contohnya font menarik yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma seperti jenis font berikut ini.

Handwritten

handwritten jenis font

Jenis font yang pertama adalah Handwriten. Font ini sangat serupa dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam, dibuat mirip menggunakan kuas atau spidol. Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain-lain. Sangat tepat digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

Slab Serif

slab serif jenis font

Kalau kamu menyukai jenis font serif, makan slab serif merupakan salah satu pilihan yang tepat. Huruf slab serif memiliki ciri khas yang simpel, jelas dan besar. Kesan yang diperlihatkan cukup sederhana namun membuat komponen desain di dalamnya tetap terlihat elegan.

Color Font

color font jenis font

Tulisan tebal dengan perpaduan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya. Font jenis ini seringkali dipakai untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria dan dan menghibur.

Victorian Parlor

victorian parlor

Font yang satu ini mempunyai bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi dan perpaduan yang klasik dan unik membuatnya disukai oleh desainer grafis. Karena bentuknya yang fleksibel, kamu bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengangkat tema vintage dan tetap terlihat modern.

Aurora Script

aurora script jenis font

Script dibuat mirip dengan tulisan tangan yang menyerupai kaligrafi kuno dengan lekukannya yang indah. Pencampuran font Aurora Script dengan bingkai dekoratif semakin mempertegas karakternya. Secara umum, font ini dapat memberikan tampilan desain yang mewah dan elegan.

Vintage

Font bergaya vintage juga menyerupai sekali dengan masa lampau dimana tulisan-tulisannya berbentuk miring, tipis, artistik, namun terlihat elegan.

Blackletter

black letter font

Font blackletter ini termasuk dalam kategori Old School. Dalam penggunaannya sendiri akan sering kamu temui pada desain cover album band musik metal ataupun band rock. Karakeristik dari font ini yaitu hurufnya yang tebal, terdapat aksen atau motif pada bagian hurufnya seperti graffiti.

Brooklyn

brooklyn font

Brooklyn merupakan jenis font yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih, rapih dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang tidak simpel. Font ini memiliki criri khas huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarak pada setiap hurufnya.

Sans Serif

sans serif

Tentunya Sans Serif merupakan font yang paling banyak digunakan dalam desain grafis. Selain jenisnya yang lumayan banyak, font serif juga dapat menyatu dengan gambar desain apa pun dalam artian flexsibel. Jenis huruf sans serif memiliki sisi yang sedikit tajam dan berstruktur geometris yang membuatnya fungsional dan mudah dibaca.

Serif

serif font

Keluarga font Serif yang terakhir memiliki ciri khas minimalis dalam gaya reguler, tipis dan tebal. Ini merupakan font serif dengan garis proyeksi atau ikal di ujung huruf. Serif merupakan tipografi modern dengan variasi serif dan sans serif. Penampilan font yang elegan dan ringan dengan detail desain yang halus.

Itulah 10 jenis font terbaik untuk desain grafis yang bisa kamu pakai. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *